Beranda » Blog » Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Diposting pada 21 August 2017 oleh / Dilihat: 1.274 kali

Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Kunci Sukses dalam memulai usaha Kecil apalagi yang nyaris tanpa modal membutuhkan ketekunan dan kerja keras yang luar biasa. Sungguh Jauh di atas rata-rata usaha yang punya modal besar. Namun, usaha keras tersebut tidak akan ada artinya manakala ada sedikit saja rasa putus asa menghampiri Anda. Untuk jauh dari putus asa, Anda harus memiliki tekad dan keinginan serta usaha yang pantang menyerah untuk menjalankan usaha Anda. Bagaimana cara memulainya, simak tips berikut :

  • Amati, Tiru dan Buat Beda

Saat memulai usaha, tidak ada salahnya untuk melihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang ingin Anda jalankan, lalu pelajari bisnis tersebut, amati, tiru lalu buatlah beda. Bisnis memang bisa ditiru namun rejeki pastinya tidak bisa keliru, segaimana kerja keras anda untuk meniru, jika anda tidak bisa membuatnya berbeda dengan bisnis yang Anda tiru, jangan berharap anda akan berhasil dalam menjalankan bisnis anda.

  • Cari Partner untuk sharing resiko

Jika membutuhkan modal, usahakan untuk tidak menginvestasikan uang anda sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, apalagi Anda belum paham betul dengan risiko yang nanti akan terjadi, maka carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan sesuai rencana, Anda tidak akan bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar hutang.

  • Harga Waktu, Konversikan ke Uang

Konversikan waktu yang Anda keluarkan untuk berbisnis dengan uang. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp 20.000 per jam. Tujuannya adalah untuk membantu saat Anda harus mengambil keputusan: misalnya saja sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar saja biaya kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Hal ini adalah prinsip dasar dari menghargai waktu.

  • Lakukan Secara Maksimal

Tahap awal memulai usaha, Anda harus bersedia bekerja keras, lembur, dan melupakan keuntungan pribadi. Sebagai pebisnis pemula, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri. The company is me!

  • Rekrut Karyawan

Jika usaha Anda sudah mulai berjalan, jangan show of force sendirian. Mulailah untuk rekrut karyawan dengan baik. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa. Cari yang memiliki passion di bidang yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan. Karyawan adalah kunci masa depan usaha Anda. Di tangan mereka visi misi Anda akan diwujudkan. Jadi, pastikan anda merekrut karyawan terbaik.

  • Hindari perang harga dengan menjual kelebihannya

Hindari perang harga, dengan menjual kelebihannya, dan bukan harganya. Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya jika anda kesulitan memasarkannya, mengingat produk atau layanan Anda masih baru dan belum dikenal, juga persaingan yang tidak sedikit. Hindari bersaing pada harga, Anda pasti akan kalah dengan pemain lama yang produknya sudah dikenal. Jual kelebihan produk dari usaha Anda, kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

Jangan takut mencoba, lakukan inovasi secara berkala

Memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah, banyak tantang dan kendala yang nantinya harus Anda hadapi. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah, karena disetiap tantangan yang Anda hadapi akan selalu ada pelajaran yang dapat Anda ambil. Tidak hanya itu, setiap kesulitan pada setiap tantangan akan membuat Anda lebih ulet dan gigih. Lakukanlah inovasi-inovasi terkini untuk usaha Anda, dan jangan takut mencoba!

Anda bisa mencari referensi kebutuhan mesin untuk usaha Anda di http://teknologitepatguna.com/

Bagikan ke

Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout