Beranda » Mesin Usaha / UKM » Mesin Pengolahan Makanan » Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual
click image to preview activate zoom

Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Stok Tersedia
KategoriMesin Pengolahan Makanan, Mesin Pertanian
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Bagikan ke

Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Deskripsi Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Alat Pembuat Baglog Jamur Manual untuk usaha jamur ini sistemnya manual dan memiliki fungsi sebagai alat pengepres bahan-bahan jamur ke dalam media kantong plastik. Mesin press baglog jamur ini dibuat untuk membantu para petani jamur menghemat waktu produksi baglog jamur.

Kapasitas standart mesin pengepress bahan-bahan pembuat jamur kami tergantung dari si operator karena sifatnya continue dan sistemnya manual. Alat Pembuat Baglog Jamur Manual ini menggunakan bahan material besi berkualitas.

Spesifikasi Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

  • Kap : Continous
    Dimensi : 20 x 40 x 80 Cm
    Material : Besi
    Sistem : Manual

Cara Kerja Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual bekerja dengan melibatkan beberapa langkah utama dalam proses pembuatan baglog jamur. Berikut adalah cara kerja umum dari alat pembuat baglog jamur sistem manual:

1. Persiapan Bahan: Bahan seperti jerami atau serbuk kayu digunakan sebagai substrat atau media tumbuh untuk jamur. Bahan tersebut harus dibersihkan dan disterilisasi sebelum digunakan.

2. Sterilisasi Bahan: Bahan seperti jerami atau serbuk kayu direbus dalam wadah sterilisasi seperti panci atau drum selama beberapa jam. Proses sterilisasi ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan spora jamur yang tidak diinginkan.

3. Persiapan Baglog: Setelah bahan disterilisasi dan didinginkan, bahan tersebut ditempatkan dalam kantong plastik atau kantong plastik filter. Benih jamur ditambahkan ke dalam kantong tersebut sesuai dengan perbandingan yang direkomendasikan.

4. Penutupan dan Penyegelan: Bagian atas kantong plastik dilipat dan diikat dengan tali atau klip penyegel untuk mencegah masuknya udara atau kontaminan lainnya. Beberapa lubang kecil juga dibuat pada kantong untuk ventilasi.

5. Inkubasi: Baglog ditempatkan di tempat yang hangat dan lembab, dengan suhu yang sesuai untuk pertumbuhan jamur. Baglog dibiarkan beristirahat selama beberapa minggu hingga benih jamur tumbuh dan menyebar di dalam bahan.

6. Pembuatan Lubang Inokulasi: Substrat tempat jamur akan ditanam, seperti kayu atau jerami steril, dipersiapkan. Lubang dibuat di dalam substrat menggunakan pisau steril, dan baglog yang sudah berisi benih jamur dimasukkan ke dalam lubang tersebut.

7. Perawatan: Lingkungan tumbuh jamur harus tetap lembab dan terkendali. Air disemprotkan secara teratur ke area penanaman untuk menjaga kelembaban. Suhu ruangan harus stabil dan hindari perubahan suhu yang drastis. Paparan sinar matahari langsung juga harus dihindari.

8. Panen: Setelah beberapa waktu, jamur akan mulai tumbuh dari baglog. Jamur dipanen ketika ukurannya mencapai ukuran yang diinginkan dan sebelum melepaskan spora.

Penting untuk mengikuti instruksi spesifik dari peternak jamur atau sumber yang Anda gunakan untuk memastikan keberhasilan dalam pembuatan baglog jamur. Praktik kebersihan yang baik juga harus diterapkan untuk menghindari kontaminasi dan memastikan pertumbuhan yang sehat.

Keunggulan Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pembuatan baglog jamur. Berikut adalah beberapa keunggulan alat tersebut:

1. Biaya Rendah: Alat pembuat baglog jamur sistem manual cenderung lebih terjangkau daripada sistem otomatis atau semi-otomatis lainnya. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk petani jamur yang memiliki anggaran terbatas.

2. Fleksibilitas: Dengan alat ini, Anda dapat mengontrol setiap langkah dalam proses pembuatan baglog jamur. Anda dapat menyesuaikan bahan, perbandingan benih jamur, dan lingkungan tumbuh sesuai dengan preferensi Anda.

3. Pengawasan Lebih Dekat: Dengan menggunakan alat sistem manual, Anda dapat memantau secara langsung perkembangan baglog jamur dari awal hingga panen. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi masalah atau kontaminasi lebih cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan.

4. Kesederhanaan: Proses pembuatan baglog jamur dengan alat sistem manual cenderung lebih sederhana dan mudah dipahami. Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis atau keahlian khusus yang kompleks untuk dapat menggunakannya.

5. Kendali Kualitas: Dengan menggunakan alat ini, Anda memiliki kendali penuh atas kualitas dan kebersihan baglog jamur yang Anda produksi. Anda dapat memastikan bahwa bahan baku steril, benih jamur berkualitas, dan lingkungan tumbuh terjaga dengan baik.

Meskipun alat pembuat baglog jamur sistem manual memiliki keunggulan-keunggulan tersebut, penting untuk diingat bahwa penggunaannya membutuhkan perhatian yang cermat dan pemantauan yang konstan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Fungsi Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Fungsi utama dari Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual adalah untuk memudahkan dan mendukung proses pembuatan baglog jamur secara manual. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari alat tersebut:

1. Sterilisasi Bahan: Alat ini digunakan untuk merebus dan mengsterilisasi bahan seperti jerami atau serbuk kayu yang akan digunakan sebagai substrat atau media tumbuh untuk jamur. Sterilisasi ini penting untuk membunuh bakteri, spora jamur yang tidak diinginkan, dan kontaminan lainnya.

2. Memudahkan Pengisian Baglog: Alat ini membantu dalam mengisi bahan yang sudah disterilisasi, seperti jerami atau serbuk kayu, ke dalam kantong plastik atau kantong plastik filter. Ini memastikan bahwa bahan terdistribusi dengan baik dan benih jamur tercampur dengan rata.

3. Penyegelan dan Ventilasi: Alat ini memungkinkan pengguna untuk menutup dan mengikat bagian atas kantong plastik dengan kuat menggunakan tali atau klip penyegel. Selain itu, alat ini juga dapat membuat lubang ventilasi kecil pada kantong untuk memastikan sirkulasi udara yang cukup.

4. Membantu Pembuatan Lubang Inokulasi: Alat ini dapat digunakan untuk membuat lubang di dalam substrat tempat jamur akan ditanam. Lubang ini penting untuk memasukkan baglog yang sudah berisi benih jamur ke dalam substrat dengan mudah.

5. Memastikan Kelembaban Lingkungan: Beberapa alat pembuat baglog jamur sistem manual dilengkapi dengan sprayer air yang digunakan untuk menyemprotkan air ke area penanaman secara teratur. Ini membantu menjaga kelembaban yang diperlukan untuk pertumbuhan jamur.

Melalui fungsi-fungsi ini, alat pembuat baglog jamur sistem manual mempermudah proses pembuatan baglog jamur, memastikan kebersihan dan kualitas bahan, serta mengoptimalkan lingkungan pertumbuhan jamur.

Cara Pemesanan

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369
Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin

Tags: , , , , ,

Alat Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 79 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Mohon maaf, form diskusi dinonaktifkan pada produk ini.

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
‚óŹ online
Dian
‚óŹ online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout