Beranda » Artikel Blog » Loyalitas Kerja (bagian 1)

Loyalitas Kerja (bagian 1)

Diposting pada 28 June 2016 oleh uswah diyah | Dilihat: 449 kali | Kategori:

Cara Menumbuhkan Loyalitas Kerja Karyawan

loyalitas

Karyawan adalah aset terbesar perusahaan. Karena itu, wajar jika banyak pimpinan perusahaan yang tidak ingin kehilangan karyawannya yang berkualitas. Tetapi kesempatan berkarir yang semakin luas belakangan ini bisa jadi tidak mampu menahan karyawan untuk mengejar karir yang lebih baik. Apalagi jika mereka tidak mendapatkan kepuasan di tempat kerjanya saat ini. Begitu kesempatan baik itu datang, mereka tidak akan menunda-nunda lagi untuk resign dan pindah kerja. Hal yang dapat menahannya adalah loyalitas. Apa itu loyalitas? Loyalitas adalah kesetiaan, kepatuhan, dan rasa memiliki seorang karyawan pada pekerjaan atau perusahaan tempat ia bekerja. Loyalitas tidak mudah didapatkan, tak terbayar dengan banyaknya gaji yang dibayarkan, karena loyalitas adalah tentang perasaan yang mudah hilang karena kekecewaan tumbuh karena rasa nyaman dalam bekerja.

Nah, sebagai pimpinan yang bijaksana, jika anda tidak ingin kehilangan karyawan yang potensial anda perlu menerapkan beberapa taktik agar mereka loyal terhadap anda dan perusahaan. Perlu dicatat, gaji besar tidak menjamin loyalitas karyawan. Ada hal lain yang saling terkait yang membuat seseorang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan. Berikut  kiatnya:

  •  Ketahuilah minat dan keterampilan serta kemampuan masing-masing karyawan. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, anda jadi lebih mudah untuk memberi tugas yang sesuai dengan ketrampilan dan minat masing-masing.
  • Tanamkan kepercayaan diri pada karyawan. Bila karyawan gagal mengerjakan sesuatu, luangkan sedikit waktu anda untuk membahas masalah yang mereka hadapi. Beri kesempatan mereka untuk mencobanya lagi saat mereka sudah mengetahui letak kesalahannya. Hal ini akan mengembalikan kepercayaan diri mereka untuk menghasilkan yang terbaik.
  • Jika mereka berhasil mengerjakan tugas, berikan pujian dengan tulus. Walau terkesan sepele, pujian membuat karyawan merasa dihargai dan diakui. Hal ini dapat membangkitkan semangat mereka dalam mengerjakan tugas sehari-hari.
  • Berikan mereka kepercayaan dalam mengerjakan tugas. Mengontrol pekerjaan mereka boleh aja, tetapi jangan terlalu mengatur ataupun mencampuri pekerjaan karyawan. Berikan mereka kebebasan sekaligus tanggung jawab. Berikan deadline yang jelas kapan tugas-tugas tersebut harus selesai, tanpa perlu mengetahui setiap langkah mereka.
  • Beri mereka tantangan. Cara terbaik untuk mempertahankan karyawan adalah dengan memastikan bahwa mereka terus belajar. Hindari pekerjaan yang monoton. Berikan sedikit variasi pada pekerjaan mereka. Sesekali coba beri mereka tugas yang belum pernah mereka kerjakan. Tetapi tentu saja sejauh masih sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas mereka.
  • Libatkan mereka dalam membuat keputusan. Dengarkan saran, pendapat dan kritik dari mereka. Dengan demikian mereka pun merasa lebih dihargai. Mereka pun akan merasa lebih memiliki perusahaan. Selain itu mereka akan merasakan kebersamaan di kantor. Cara ini terbukti dapat menumbuhkan loyalitas. Apabila karyawan merasa suaranya tidak lagi didengar, maka ketidakpuasan mereka akan memuncak dan akhirnya menimbulkan munculnya gerakan mogok kerja.
Bagikan

Loyalitas Kerja (bagian 1) | Toko Mesin UKM – GRAHA MESIN

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka

Kantor & Workshop

CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Sraba Ruko Kav.3 Blok 10B No 39,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP & EMAIL

Rendy  : 085745897000
Email: grahamesin6@gmail.com
Billy : 081285840002
Email: grahamesin4@gmail.com
Dian : 081285840001
Email: grahamesin1@gmail.com

Call Center

Call Center : (0341) 719-911
Call Center : (0341) 718-369
Email : grahamesin@gmail.com

Chat via Whatsapp
Rendy
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rendy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja