Beranda » Mesin Pertanian » Mesin Pengolahan Kedelai » Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin
click image to preview activate zoom

Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

Stok Tersedia
KategoriMesin Pengolahan Kedelai
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Bagikan ke

Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

 

Deskripsi Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin merupakan solusi inovatif bagi industri pengolahan tahu. Dirancang khusus untuk mempermudah proses produksi tahu, mesin ini mengintegrasikan fungsi penghancuran kedelai dan pengolahan bahan menjadi tahu yang berkualitas tinggi. Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin adalah pilihan tepat bagi para produsen tahu yang ingin meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi. Dengan mesin ini, proses pembuatan tahu menjadi lebih cepat, mudah, dan hasil yang dihasilkan pun lebih baik. Dapatkan mesin ini dan rasakan kemudahan dalam setiap tahap produksi tahu.

Spesifikasi Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

  • Bahan Kerangka                     : Besi
  • Bahan Tabung                         : Stainless Steel
  • Ukuran                                      : 8 Dim
  • Penggerak                                 : Listrik 1100 Watt
  • Dimensi                                     : 70 x 30 x 80 Cm

Gambar Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin


Cara Kerja Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

  1. Persiapan Bahan Baku:
    • Kedelai direndam terlebih dahulu selama beberapa jam (biasanya 6-8 jam) untuk melunakkan biji kedelai dan memudahkan proses penghancuran.
  2. Pengisian Kedelai:
    • Kedelai yang telah direndam kemudian dimasukkan ke dalam hopper (wadah penampung) mesin. Pastikan kedelai dimasukkan secara merata agar proses penghancuran berjalan optimal.
  3. Proses Penghancuran:
    • Mesin dilengkapi dengan pisau atau rotor penghancur yang berputar dengan kecepatan tinggi, menghancurkan biji kedelai hingga menjadi bubur kedelai. Proses ini juga dikenal sebagai penggilingan basah.
    • Selama proses ini, air dapat ditambahkan secara berkala untuk membantu penghancuran dan memastikan bubur kedelai yang dihasilkan memiliki konsistensi yang tepat.
  4. Penyaringan:
    • Bubur kedelai yang dihasilkan kemudian melewati saringan untuk memisahkan ampas dari cairan kedelai. Ampas yang terpisah bisa digunakan sebagai pakan ternak atau bahan lain.
    • Cairan kedelai yang bersih kemudian ditampung untuk proses selanjutnya.
  5. Pemanasan dan Koagulasi:
    • Cairan kedelai dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu untuk mematikan bakteri dan mengaktifkan proses koagulasi (penggumpalan).
    • Koagulan (biasanya kalsium sulfat atau nigari) ditambahkan ke dalam cairan kedelai panas untuk memisahkan protein dan lemak, membentuk gumpalan tahu.
  6. Pencetakan Tahu:
    • Gumpalan tahu yang terbentuk kemudian dituangkan ke dalam cetakan tahu yang dilapisi dengan kain saring. Cetakan ini berfungsi untuk membentuk tahu dan mengeluarkan sisa cairan.
    • Cetakan tahu kemudian ditekan menggunakan alat penekan untuk menghasilkan tahu dengan kepadatan dan tekstur yang diinginkan.
  7. Pendinginan dan Pemotongan:
    • Tahu yang telah terbentuk dan ditekan kemudian didinginkan untuk mengeraskan teksturnya.
    • Setelah dingin, tahu dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan siap untuk dikemas atau dijual.

Berikut adalah tabel perbedaan cara kerja antara Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu manual dan otomatis:

Proses/TahapMesin ManualMesin Otomatis
1. Persiapan Bahan BakuDirendam secara manual, biasanya dalam wadah terpisah.Direndam dalam sistem mesin yang terintegrasi, dengan waktu dan kondisi rendaman yang dapat diatur otomatis.
2. Pengisian KedelaiDimasukkan secara manual ke dalam alat penghancur atau penggiling.Dimasukkan ke dalam hopper mesin otomatis dengan pengaturan pengisian yang kontinu dan otomatis.
3. Penghancuran/GilinganMenggunakan alat penghancur manual seperti penggiling tangan atau blender, membutuhkan tenaga manusia.Menggunakan motor listrik berdaya tinggi yang menghancurkan kedelai secara otomatis dengan kecepatan tinggi.
4. PenyaringanPenyaringan dilakukan secara manual dengan menggunakan kain saring atau alat penyaring tradisional.Penyaringan otomatis dengan sistem penyaring terintegrasi dalam mesin, memisahkan ampas dan cairan secara efisien.
5. PemanasanCairan kedelai dipanaskan secara manual di atas kompor, dengan pengawasan dan pengadukan manual.Pemanasan dilakukan dalam unit pemanas otomatis dengan kontrol suhu yang presisi dan waktu yang terprogram.
6. KoagulasiKoagulan ditambahkan secara manual dengan pengadukan tangan hingga terbentuk gumpalan tahu.Koagulan ditambahkan otomatis dengan sistem dispenser, dan proses pengadukan otomatis menghasilkan gumpalan tahu.
7. Pencetakan TahuGumpalan tahu dituangkan ke dalam cetakan dan ditekan manual menggunakan beban atau alat penekan tangan.Gumpalan tahu dituangkan ke dalam cetakan otomatis dan ditekan dengan mesin hidrolik atau mekanis.
8. PendinginanTahu didinginkan secara manual dengan meletakkannya di air dingin atau suhu ruang.Pendinginan dalam sistem pendingin mesin yang terintegrasi, dengan kontrol suhu otomatis.
9. PemotonganTahu dipotong secara manual menggunakan pisau atau alat pemotong tangan.Tahu dipotong otomatis dengan sistem pemotong yang presisi dan dapat diatur ukurannya.

Kesimpulan:

Mesin otomatis menawarkan efisiensi yang lebih tinggi, konsistensi hasil, dan mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual, sementara mesin manual membutuhkan lebih banyak intervensi manusia, waktu, dan tenaga, tetapi mungkin lebih terjangkau untuk usaha kecil atau produksi skala rumah tangga.

Keunggulan Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

  1. Efisiensi Produksi: Mesin ini menggabungkan beberapa tahap produksi dalam satu perangkat, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan tahu. Hal ini meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi secara keseluruhan.
  2. Kualitas Hasil yang Tinggi: Dengan desain yang canggih dan proses yang terkontrol dengan baik, mesin ini menghasilkan tahu dengan tekstur halus dan konsisten. Hal ini memastikan kualitas produk yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  3. Kemudahan Pengoperasian: Mesin ini dilengkapi dengan panel kontrol yang intuitif, memudahkan pengguna untuk mengoperasikan dan mengontrol proses produksi. Hal ini mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan konsistensi hasil.
  4. Desain yang Ergonomis: Mesin ini dirancang dengan ergonomi yang baik untuk memudahkan pemeliharaan dan pembersihan. Hal ini memperpanjang umur mesin dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk perawatan.
  5. Fleksibilitas: Mesin ini dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran dan jenis produksi tahu, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai skala usaha, mulai dari skala kecil hingga besar.
  6. Dukungan Purna Jual yang Baik: Produsen mesin biasanya menyediakan layanan purna jual yang baik, termasuk dukungan teknis dan suku cadang yang mudah diakses, sehingga memastikan mesin dapat beroperasi dengan lancar dalam jangka panjang.
  7. Pemrosesan Otomatis: Mesin ini dilengkapi dengan fitur otomatis untuk beberapa tahap produksi, seperti pengisian kedelai, penghancuran, penyaringan, dan pencetakan tahu. Hal ini mengurangi keterlibatan tenaga manusia dan meningkatkan efisiensi produksi.
  8. Material Berkualitas Tinggi: Mesin ini dibuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel, yang tahan karat dan kokoh. Hal ini memastikan mesin dapat bertahan dalam kondisi operasional yang keras dan memiliki umur pakai yang panjang.

Fungsi Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

    1. Penghancuran Kedelai: Mesin ini memiliki fungsi untuk menghancurkan kedelai menjadi bubur atau pasta kedelai dengan konsistensi yang tepat. Proses penghancuran ini penting untuk mempersiapkan bahan baku sebelum proses selanjutnya.
    2. Penyaringan: Setelah kedelai dihancurkan, mesin ini juga memiliki fungsi untuk menyaring bubur kedelai dari ampasnya. Proses penyaringan ini memastikan bahwa cairan kedelai yang dihasilkan sudah bersih dan siap untuk proses selanjutnya.
    3. Pemanasan: Mesin ini dapat melakukan pemanasan pada cairan kedelai hingga suhu yang diperlukan untuk mematikan bakteri dan mengaktifkan proses koagulasi. Pemanasan ini merupakan tahap penting dalam pembuatan tahu untuk menciptakan tekstur dan rasa yang sesuai.
    4. Koagulasi: Selain itu, mesin ini juga berfungsi untuk menambahkan koagulan ke dalam cairan kedelai yang sudah dipanaskan. Proses koagulasi ini mengubah cairan kedelai menjadi gumpalan tahu yang padat dan elastis.
    5. Pencetakan Tahu: Mesin ini dilengkapi dengan cetakan tahu yang memungkinkan pembentukan gumpalan tahu dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Setelah proses koagulasi, cairan kedelai akan dituangkan ke dalam cetakan ini untuk membentuk tahu.
    6. Pendinginan: Setelah tahu terbentuk, mesin ini juga dapat melakukan pendinginan pada tahu untuk mengeraskannya. Pendinginan ini membantu tahu mempertahankan bentuknya dan memungkinkan untuk pemotongan lebih lanjut.
    7. Pemotongan: Terakhir, mesin ini juga memiliki fungsi untuk memotong tahu menjadi potongan-potongan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Potongan tahu yang dihasilkan siap untuk dikemas dan didistribusikan ke konsumen.

Cara Pemesanan Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Youtube : grahamesinmalang
Instagram : pabrikmesin
Email : grahamesin@gmail.com
Web : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Mesin Penghancur dan Pengolah Kedelai untuk Tahu Graha Mesin

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 105 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Mohon maaf, form diskusi dinonaktifkan pada produk ini.

Produk Terkait

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout